Selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam silahkan anda pilih sendiri waktu saat kalian membaca artikel ini hehee..
Kali ini saya akan membahas artikel tentang "Dampak Kemajuan Teknologi" dan jika kalian membaca artikel ini maka kalian orang yang merasakan dampak dari kemajuan teknologi.
Tidak bisa dipungkiri jika kita tidak bisa jauh dari kemajuan teknologi terutama pada teknologi informasi yang semakin hari semakin cepat. Dan ini akan membuat kita mendapatkan kemudahan terhadap informasi serta kemudahan untuk menjalin komunikasi jarak jauh. Menurut Iskandar Alisyahban (1980), "Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera". Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah teknologi belum digunakan. Istilah "teknologi" berasal dari "techne" atau cara dan "logos" atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih angkuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia. Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu. Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa akibat buruk dalam kehidupan manusia.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotics telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer ,seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar keyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan. Dengan kata lain, walaupun pada awalnya teknologi diciptakan untuk menghasilkan manfaat postif, tapi disisi lain teknologi juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Berikut dampak positif dan negatif perkembangan teknologi dilihat dalam bidangnya :
1. Bidang Ekonomi dan Idustri
Dampak Positif
a. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
b. Terjadinya industrialisasi.
c. Produktivitas dunia industri semakin meningkat.
d. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntu pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
e. Pusat pembelanjaan yang semakin modern.
f. Peluang bisnis internasional terbuka lebar sehingga pasar yang dijangkau lebih luas.
Dampak Negatif
a. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai yang dibutuhkan.
b. Cara hidup masyarakat berubah menjadi konsumtif.
c. Pencemaran oleh limbah industri.
d. Produk lokal kalah bersaing dengan produk impor, sehingga pengusaha lokal gulung tikar.
e. Timbul kesenjangan sosial.
f. Hilangnya rasa cinta pada produk lokal.
2. Bidang Pendidikan
Dampak Positif
a. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau
kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik
dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
b. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
c. Membuat siswa aktif dengan mencari informasi di internet.
d. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pedidikan.
e. Semakin mudah untuk mengakses informasi yang diperlukan.
Dampak Negatif
a. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan
tindakan kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga
mencetak generasi yang e-book berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai
moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu computer yang tinggi maka orang
akan berusaha menerobos system perbangkan dan lain-lain.
b. Menipisnya kebudayaan lokal karena masuknya budaya luar.
c. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan terjadi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
e. Munculnya tradisi serba instan dimana pendidikan akan bergantung pada teknologi.
3. Bidang Entertainment dan Game
Dampak Positif
a.Meningkatkan konsentrasi, kemampuan konsentrasi pemain game online
akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mencari celah yang mungkin bisa dilewati dan memonitor jalannya permainan.
Semakin sulit sebuah game maka semakin diperlukan tingkat konsentrasi
yang tinggi.
b. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Penelitian yang dilakukan di
Manchester University dan Central Lanchashire University menyatakan
bahwa orang yang bermain game 18 jam seminggu atau sekitar dua setengah
jam perhari dapat meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan.
c. Meningkatkan kemampuan membaca, Psikolog dari Finland Univesity
menyatakan bahwa game meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak.
Jadi pendapat yang menyatakan bahwa jenis permainan ini menurunkan
tingkat minat baca anak sangat tidak beralasan.
Dampak Negatif
a. Membuat diksi (kecanduan) yang kuat ingin selalu bermain game.
b. Mudah marah emosi tak terkendali.
c. Terbiasa berbicara kasar dan kotor.
d. Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata.
e. Perubuhan pola makan dan istirahat.
3. Bidang Pemerintahan
Dampak Postif
a. Hilangnya birokrasi yang selama ini seolah-oleh menjadi penghalang
bagi masyarakat dalam berhubungan dengan pemerintah sehingga pelaksanaan
pemerintahan menjadi lebih efektif dan efisien .
b. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk
dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah:
jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat
ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan
sekolah yang pas untuk anaknya.
c. Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, informasi dapat
disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu
dibukanya kantor, informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus
secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
d. Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat
umum, adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara
berbagai pihak menjadi lebih baik, keterbukaan ini menghilangkan saling
curiga dan kekesalan dari semua pihak.
Dampak Negatif
a. Terorisme yang semakin merajalela.
b. Kurangnya privacy suatu negara akibat kerahasiaan yang tidak
terjamin dengan semakin canggihnya alat-alat pendeteksi.
c. Penggunaan persenjataan canggih untuk menyerang pihak lain demi kekuasaan dan kekayaan.
d. Biaya, Walaupun politik dalam pemerintahan yang menggunakan informasi
dan teknologi dapat melakukan pengeluaran yang lebih sedikit daripada
konvensional, namun sebelumnya untuk membuat infrastruktur dan
teknisinya akan memiliki biaya yang sangat mahal.
e. Privasi, Sebuah badan politik seperti negara memerlukan tanggapan dari
warganya. Jika negara terus meminta informasi maka privasi dari
seseorang semakin sulit untuk dijaga. Ini akhirnya menjadi dilema, di
sisi yang satu data dari masyarakat dihimpun untuk mengembangkan
kegiatan negara namun di sisi yang lain negara pun harus menjunjung
tinggi hak privasi warganya.
4. Bidang Informasi dan Komunikasi
Dampak Positif
a. Kita dapat berinteraksi dengan teman, keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone maupun komputer yang terhubung dengan internet.
b. Kita akan lebih mudah mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
c. Adanya internet banking yang mempermudah transaksi jual beli.
d. Memperluas jaringan komunikasi, dimana internet tidak terbatas oleh wilayah.
Dampak Negatif
a. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu dengan tujuan tertentu.
b. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
c. Kecemasan teknologi, Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file
penting dalam komputer.
d. Kerahasiaan alat tes sangat rawan.
5. Bidang Sosial dan Budaya
Dampak Positif
a. Meningkatnya rasa percaya diri, kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa Barat tidak lagi melecehkan bangsa Asia.
b. Perbedaan kepribadian pria dan wanita, Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang
memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam
dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya
merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang tertulis dalam buku
Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia
Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam
kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang
politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai
jabatan penting lainnya.
c. Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globaliasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
e. Rasa solidaritas yang semakin tinggi antar bangsa di bebagai dunia.
Dampak Negatif
a. Kemrosotan moral di kalangan warga masyarakat, khusunya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi "kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani".
b. Pola interaksi antar manusia yang berubah, kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga.
c. Semangat gotong royong berkurang
d. Berkurangnya nilai-nilai agama
e. Gaya hidup yang meniru orang Barat, tidak sesuai dengan norma yang ada.
Kesimpulan
Teknologi yang beredar di masyarakat setiap hari semakin maju. Hal tersebut memberikan dampak secara langsung terhadap nilai moral bangsa Indonesia baik itu positif maupun negatif.
Salah satunya adalah dampak yang terjadi pada generasi muda yang lambat laun mulai terpengaruh dampak dari pesatnya perkembangan teknologi. Oleh karena itu kita sebagai bangsa Indonesia harus menjaga moral kita agar tidak goyang diterpa angin globalisasi karena sesungguhnya bangsa yang besar adalah bangsa yang tetap mampu menjaga moral, etika ditengah gencarnya arus globalisasi.
Minggu, 17 September 2017
Wauw, Bawang Putih Dapat Menurunkan Resiko Kanker?
Selain untuk bumbu masakan, siapa sangka ternyata bawang putih dapat menurunkan resiko kanker lho mari kita simak penjelasannya. Bawang...
0 komentar:
Posting Komentar